Cari Blog Ini

Post Top Ad

Bentuk-Bentuk Pasar Dalam Kegiatan Ekonomi Masyarakat


A. Pengertian Pasar
     
     Suatu pertemuan antara orang yang mau menjual dan orang yang mau membeli suatu barang atau jasa dengan harga tertentu pula. Pengertian tersebut merupakan pengertian pasar menurut ilmu ekonomi ( abstrak )

B. Fungsi dan Peran Pasar

1. Pasar Sebagai Sarana Distribusi
    Sara distribusi berfungsi memperlancar proses penyaluran barang atau jasa dari produsen ke konsumen. 
2. Pasar Sebagai Pembentuk Harga
    Di pasar penjual menawarkan barang atau jasa kepada pembeli dan pembeli yang membutuhkan akan berusaha menwarkan barang atau jasa tersebut, setelah adanya kesepakatan harga maka pasar dikatakan sebagai pembentuk harga
3. Pasar Sebagai Sarana Promosi
    Pasar menjadi sarana memperkenalkan dan menginformasikan suatu barang atau jasa tentang manfaat, keunggulan, dan ciri khasnya kepada konsumen. Ini dilakukan untuk menarik pembeli

C. Syarat-Syarat Terjadinya Pasar

1. Adanya penjual dan pembeli
2. Adanya barang atau jasa yang diperjualbelikan
3. Adanya transaksi jual beli
4. Adanya media atau tempat bertransaksi

D. Macam-Macam Pasar

1. Pasar Menurut Sifat/ Wujud Barang dan Cara Penyerahan
    a. Pasar konkret
        Pasar dimana barang yang diperjualbelikan dan penjual dan pembeli bertemu langsung. Contohnya Pasar Tradisional. Ciri-cirinya adalah :
          - Transaksi dilakukan secara tunai
          - Barang dapat diambil saat itu juga
          - Penjual dan pembeli bertemu langsung  
    b. Pasar abstrak
        Pasar dimana barang yang diperjualbelikan tidak tersedia dan pembeli dan penjual tidak ertemu secara langsung. Contohnya adalah Online Shop. Ciri-cirinya adalah :
          - Penjual dan pembeli berada di tempat yang berjauhan 
          - Transaksi dilandasi oleh rasa saling percaya
          - Barang yang diperjualbelikan tidak tersedia
2. Pasar Menurut Organisasi Pasar
    a. Pasar persaingan sempurna
        Pasar dimana terdapat banyak penjual dan banyak pembeli. Ciri-cirinya adalah :
          - Penjual dan pembeli bebas masuk keluar pasar tanpa hambatan 
          - Pengetahuan penjual dan pembeli tentang pasa luas
          - Penjual pembeli banyak
          - Barang yang diperjualbelikan bersifat homogen
    b. Pasar persaingan tidak sempurna
        Pasar dimana jumlah penjualnya lebih sedikit dibanding jumlah pembeli. Cri-cirinya adalah :
          - Terdapat hambatan untung memasuki pasar 
          - Pengetahuna pembeli tentang pasar terbatas
          - Jumlah penjual sedikit
          - Barang yang diperjualbelikan bersifat heterogen
        Bentuk pasar yang temasuk pasar persaingan tidak sempurna adalah :
     a) Pasar monopoli
         Pasar yang dikuasai sepenuhnya oleh penjual. Contohnya adalah Perusahaan Listrik Negara ( PLN ). Ciri-cirinya adalah : Terdapat satu penjual dan pembeli, harga ditentukan sepihak oleh penjual, tidak ada barang lain yang dapat menggantikan barang tersebut, ada halangan yang kuat bagi penjual baru untuk memsuki pasar.
     b) Pasar Duopoli
         Pasar yang dikuasai oleh dua penjual. Contohnya adalah Caltex dan Pertamina. Ciri-cirinya adalah : Terdapat dua penjual dan banyak pembeli, harga ditentukan secara sepihak oleh kedua penjual baik dengan kesepakatan atau tidak
     c) Pasar oligopoli
         Pasar dimana beberapa perusahaan menguasai penawaran satu jenis barang. Contohnya adalah Honda, Suzuki, Kawasaki, dan Yamaha menguasai penawaran sepeda motor. Ciri-cirinya adalah :
Terdapat banyak pembeli di pasar, hanya ada beberapa penjual, produk bersifat homogen, terdapat hambatan untuk memasuki pasar, adanya saling ketergantungan, penggunaan iklan sangat sensitif
3. Pasar Berdasarkan Luas Wilayah Pemasaran
    a. Pasar regional
        Pasar yang daerah pemasarannya meliputi suatu kawasan pada eberapa negara. Contohnya adalah AFTA
    b. Pasar internasional
        Pasar yang daerah pemasarannya mencakup seluuh kawasan dunia. Contohnya adalah Pasar Wol di Australia
    c. Pasar nasional
        Pasar yang daerah pemasarannya meliputi satu negara. Contohnya adalah Pasar Tanah Abang
    d. Pasar lokal
        Pasar yang daerah pemasarannya meliputi kawasan daerah tertentu saja. Cntohnya adalah Pasar Klewer di Solo
4. Pasar Menerut Waktu Pelaksanaan
    a. Pasar harian
        Pasar yang dilaksanakan setiap hari. Contohnya adalah  pasar tradisional dilingkungan rumah
    b. Pasar mingguan 
        Pasar yang dilaksanakan hanya seminggu sekali. Contohnya adalah Pasar Senen
    c. Pasar bulanan
        Pasar yang dilaksanak setiab satu bulan sekali. Contohnya adalah Pasar disekitar pabrik setiap ada gajian
    d. Pasar tahunan
        Pasar yang dilaksanakn setahun sekali. Contohnya Pekan Raya Jakarta ( PRJ )
5. Pasar Berdasarkan Jenis Barang yang Diperjualbelikan
    a. Pasar barang konsumsi
        Pasa yang menjual barang  yang secara langsung dapat diproduksi        
    b. Pasar barang distribusi
        Pasar yang menjual faktor-faktor produksi
   



Tidak ada komentar: